Belajar dengan WordPress Portable

Written by Edusoft Center on September 3, 2012. Posted in Blog

Kini ada solusi baru yang bisa dimanfaatkan bagi yang sedang belajar wordpress. Tak perlu lagi install xampp, appserv dan sejenisnya untuk menjalankan wordpress, karena sekarang sudah ada wordpress portable yang membundling semua paket menjadi satu dan bisa dijalankan dari flash disk pula.

Ada beberapa aplikasi webserver portabel dengan WordPress yang sudah terpasang didalamnya. Hal ini memungkinkan anda untuk melakukan pengembangan WordPress langsung dari flashdisk kesayangan anda.

Sebelumnya saya menekankan bahwa webserver dengan WordPress portable sangat tidak dianjurkan untuk menjadi webserver produksi, alias tidak direkomendasikan untuk di online-kan.

Berikut beberapa wordpress portable yang bisa dicoba:

1. MiniServer WordPress

MiniServer dikembangkan oleh tim The Uniform Server (tim yang terkenal mengembangkan webserver portable : Uniform Server). Sayangnya, tim ini tidak lagi mengupdate versi apache, mysql, php, dan wordpress didalam MiniServer WordPress.

Download : http://sourceforge.net/projects/miniserver/files/MiniServer/MiniServer_%20Wordpress/

Setelah di download, anda cukup mengekstrak nya kedalam flashdisk dan ikuti petunjuk yang terdapat didalam file readme.

2. WordPress Portable

WordPress Portable menggunakan WAMP yang di preinstal dengan WordPress. Cukup download, kemudian ekstrak kedalam flashdisk anda. Untuk memulai WordPress, klik 2 kali file di folder utama WordPress Portable.

WordPress portable versi terakhir menggunakan WordPress 3.3.1, Apache 2.2.11, PHP 5.2.8, dan MySQL 5.0.24a. WordPress Portable ideal bagi anda yang ingin mencoba fitur dari WordPress versi terbaru, menguji coba tema, showcase kepada klien anda, atau sekedar menguji coba plugins.

Homepage : http://wordpress-portable.webnode.com/

Download : http://www.box.com/s/9yvmcbk6oduv0ginqvfc (10,9 Mb)

3. Instant WordPress

Instant WordPress berjalan menggunakan Apache, PHP dan MySQL. Versi terakhir Instant WordPress adalah 4.1 didukung dengan :

WordPress 3.2
Apache 2.2.15 (Win32)
PHP 5.3.2
MySQL 5.1.46-community-nt
Dummy contents
Yang menarik adalah adanya dummy content, yaitu posting dan comment dummy. Fitur ini mempermudah kita saat mengujicoba penggunaan tema.Akan tetapi, dibandingkan dengan wordpress portable lainnya, Instant WordPress memiliki ukuran yang lebih “gemuk”.

Homepage : http://www.instantwp.com/
Download : http://www.instantwp.com/go/instantwp41/ (54,2 Mb)

Tutorial Lain

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,

Trackback from your site.

Share This Post To :

Edusoft Center

Edusoft Center merupakan lembaga yang fokus pada bidang IT terutama pada Kursus Komputer Profesional. Berlokasi di Solo / Surakarta dan dengan slogan “Start Here. Go Anywhere” diharapkan ilmu yang didapat pada kursus kami dapat diterapkan untuk mempermudah dan menunjang pada semua lini kegiatan yang dilakukan. "Selamat datang di Edusoft Center, Kursus Komputer di Solo"

Leave a comment

Jika anda membutuhkan info lebih lanjut atau ingin mengetahui jadwal kursus, silakan hubungi kami,

Call / SMS :

0896 987 12224


Call / SMS / WA :

08180 4542 586


Email:
[email protected]