Default mmap di Dosemu

Written by Edusoft Center on December 2, 2012. Posted in Blog

Bagi pengguna aplikasi berbasis DOS yang sudah beralih ke linux tentu tidak asing lagi dengan Dosemu atau Xdosemu. Dosemu merupakan program Emulator DOS yang dapat menjalankan aplikasi berbasis DOS pada sistem operasi linux. Dosemu ini merupakan program open source alias bebas digunakan dikembangkan tanpa dipungut biaya.

Akan tetapi pada saat kita install Dosemu pada Ubuntu yang terbaru, ternyata Dosemu hanya dapat berjalan pada user root. Ketika dijalankan pada user biasa akan muncul pesan error:

Anonymous mmap : Permission Denied
Segmentation Fault

Hal ini terjadi karena default mmap (memory mapping) pada ubuntu adalah sebesar 64kb. Default nilai ini akan menolak aplikasi emulator seperti Dosemu, Wine atau program virtualisasi sejenis, karena default yang dibutuhkan oleh program emulator tersebut adalah 0 (nol).
Untuk memperbaiki permasalahan tersebut secara temporer, gunakan perintah berikut ini:

$ sudo sysctl vm.mmap_min_addr=0

Jika ingin memperbaiki masalah tersebut secara permanen, edit file

$ sudo nano /etc/sysctl.conf
## Tambahkan baris berikut:
vm.mmap_min_addr=0

Tutorial Lain

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Trackback from your site.

Share This Post To :

Edusoft Center

Edusoft Center merupakan lembaga yang fokus pada bidang IT terutama pada Kursus Komputer Profesional. Berlokasi di Solo / Surakarta dan dengan slogan “Start Here. Go Anywhere” diharapkan ilmu yang didapat pada kursus kami dapat diterapkan untuk mempermudah dan menunjang pada semua lini kegiatan yang dilakukan. "Selamat datang di Edusoft Center, Kursus Komputer di Solo"

Leave a comment

Jika anda membutuhkan info lebih lanjut atau ingin mengetahui jadwal kursus, silakan hubungi kami,

Call / SMS :

0896 987 12224


Call / SMS / WA :

08180 4542 586


Email:
[email protected]