Mengenal Address Resolution Protocol (ARP)

Written by Edusoft Center on September 29, 2012. Posted in Blog

Address Resolution Protocol disingkat ARP adalah sebuah protokol dalam TCP/IP Protocol Suite yang bertanggungjawab dalam melakukan resolusi alamat IP ke dalam alamat Media Access Control (MAC Address). ARP didefinisikan di dalam RFC 826.
Ketika sebuah aplikasi yang mendukung teknologi protokol jaringan TCP/IP mencoba untuk mengakses sebuah host TCP/IP dengan menggunakan alamat IP, maka alamat IP yang dimiliki oleh host yang dituju harus diterjemahkan terlebih dahulu ke dalam MAC Address agar frame‐frame data dapat diteruskan ke tujuan dan diletakkan di atas media transmisi (kabel, radio, atau cahaya), setelah diproses terlebih dahulu oleh Network Interface Card (NIC).


Hal ini dikarenakan NIC beroperasi dalam lapisan fisik dan lapisan data‐link pada tujuh lapis model referensi OSI dan menggunakan alamat fisik daripada menggunakan alamat logis (seperti halnya alamat IP atau nama NetBIOS) untuk melakukan komunikasi data dalam jaringan.

Dalam implementasi jaringan Internet lebih sering tersambung melalui Ethernet Local Area Network (LAN). Setiap transmisi data di jaringan LAN akan berisi alamat Medium Access Control (MAC) node source & destination. MAC address panjangnya 48 bit dan tidak ada konsep hirarki (dengan NET_ID, HOST_ID dll) seperti IP addres. Oleh karenanya tidak mungkin melakukan routing menggunakan MAC address. MAC address sama sekali berbeda dengan IP address.
Sayangnya, pengirim paket IP kemungkinan besar tidak akan tahu MAC address dari mesin yang dituju yang berada di jaringan yang sama. Oleh karena itu, di kembangkan Address Resolution Protocol (ARP), yang di jelaskan di RFC 826 memberikan mekanisme yang memungkinkan sebuah mesin pengirim paket untuk menanyakan MAC addresspenerima, jika hanya mengetahui IP address yang dituju.
Tabel ARP pada dasarnya hanya berisi MAC address dan IP address masing-masing komputer & biasanya tidak statis, sangat dinamik. Skenario penggunaan ARP sebagai berikut, jika sebuah komputer butuh berkomunikasi
dengan komputer yang lain, maka komputer tersebut biasanya akan melalui langkah berikut:
 Komputer akan cek tabel routing, mencari router selanjutnya untuk menuju ke jaringan yang di tuju.
 Jika ada router yang valid, misalkan IP addressnya 192.168.1.1, komputer kemudian akan cek tabel ARP untuk melihat apakah ada MAC address dari NIC router. Dengan cara ini, komputermemastikan bahwa paket akan dikirim ke tujuan (router) yang benar.
 Jika ada dalam tabel ARP, komputer akan mengirimkan paket IP ke NIC komputer tersebut, dan memerintahkan NIC untuk mengenkapsulasi paket ke dalam frame yang ditujukan ke MAC addressdari router.
 Jika ternyata tidak ada dalam tabel ARP, maka komputer akan mengirimkan paket ARP request di jaringan menanyakan router 192.168.1.1 mempunyai MAC address berapa, supaya pengiriman paket dapat dilakukan.
Jika ada jawaban di terima, maka IP paket akan dikirim dan tabel ARP akan di update dengan MAC address yang baru.
 Setiap router dalam jalur pengiriman paket, akan mengambil IP paket keluar dari frame Ethernet, dan membuang informasi [[MAC Address]‐nya. Router akan melihat IP address tujuan & melihat tabel routing yang ada untuk menentukan router selanjutnya yang harus di lalui IP paket tersebut.

Tutorial Lain

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Trackback from your site.

Share This Post To :

Edusoft Center

Edusoft Center merupakan lembaga yang fokus pada bidang IT terutama pada Kursus Komputer Profesional. Berlokasi di Solo / Surakarta dan dengan slogan “Start Here. Go Anywhere” diharapkan ilmu yang didapat pada kursus kami dapat diterapkan untuk mempermudah dan menunjang pada semua lini kegiatan yang dilakukan. "Selamat datang di Edusoft Center, Kursus Komputer di Solo"

Leave a comment

Jika anda membutuhkan info lebih lanjut atau ingin mengetahui jadwal kursus, silakan hubungi kami,

Call / SMS :

0896 987 12224


Call / SMS / WA :

08180 4542 586


Email:
[email protected]