Mengenal Variabel PHP

Written by Edusoft Center on November 23, 2011. Posted in Blog

Variabel adalah sebuah tempat penyimpanan. Anda dapat menyimpan sesuatu ke dalam tempat penyimpanan ini (variabel) dan memanipulasinya pada program yang anda buat. Sesuatu yang disimpan tersebut bisa berupa angka (number) maupun teks (text).

Untuk dapat memahami variabel ini dengan baik, kita buat sebuah perumpamaan. Misalnya anda ingin mengetahui stock pakaian yang anda jual. Anda minta bantuan 2 orang, satu wanita dan satunya lagi pria. Mereka berdua menjadi tempat penyimpanan anda, satu orang memegang suatu jenis pakaian dengan jumlah tertentu, demikian juga yang satunya lagi. Maka pria dan wanita ini bisa disebut sebagai variabel.

Anda menghitung berapa banyak jaket yang anda miliki, dan kemudian memberikannya kepada yang pria. Lalu anda hitung berapa banyak kemeja yang anda miliki, dan memberikannya untuk wanita. Sayangnya, Anda memiliki memori buruk. Pertanyaannya adalah siapakah orang anda (variabel) yang memegang jaket dan siapakah yang memegang kemeja? Untuk membantu anda ingat, anda dapat memberikan nama-nama orang tersebut! anda bisa menyebut mereka sesuatu seperti ini:

mr_jaket
mrs_kemeja

Tapi pemberian nama tersebut sepenuhnya terserah anda tentang siapa nama orang tersebut (variabel). Jika anda suka, mereka bisa disebut ini:

pria_jaket
wanita_kemeja

atau

mas_jaket
mbak_kemeja

Namun karena memori anda buruk, sebaiknya memberi mereka nama yang membantu anda mengingat apa yang mereka pegang untuk anda. Ada beberapa hal juga yang perlu kita hindari dalam pemberian nama ini seperti diawali dengan underscore (_), atau angka (number).

OK, jadi orang-orang anda (variabel) sekarang memiliki nama. Tapi itu tidak ada gunanya hanya memberikan mereka nama. Mereka akan melakukan pekerjaan untuk anda, sehingga anda perlu memberitahu mereka apa yang akan mereka lakukan. Orang itu akan memegang jaket. Tapi kita dapat menentukan berapa banyak jaket yang ia pegang. Jika Anda memiliki sepuluh jaket untuk diberikan kepadanya, maka anda akan mengatakan seperti ini:

mr_jaket = 10

Jadi, nama variabel yang lebih dulu, lalu sebuah tanda sama dengan. Setelah tanda sama dengan, anda mengisi variabelnya. Dalam hal ini angka 10. (tanda sama dengan (equal) ini, tidak benar-benar sebuah tanda sama dengan (equal). Ini disebut operator penugasan (Assignment Operator). Tapi jangan khawatir tentang hal itu, pada tahap ini. Hanya ingat bahwa anda memerlukan tanda sama dengan untuk menyimpanhal-hal dalam variabel Anda.)

Namun,sekarang anda belajar PHP, jadi ada sesuatu yang hilang. Dua hal, sebenarnya. Pertama,orang-orang Anda (variabel) memerlukan tanda dolar di awal ($). Jadi akan seperti ini:

$ mr_jaket = 10

Jika Anda melewatkan tanda dollar, maka orang Anda akan menolak untuk bekerja! Tetapi hal lain yang hilang adalah semi-colon (;). Baris kode dalam PHP membutuhkan semi-colon di akhir:

$ mr_jaket = 10;

Jika anda mendapatkan kesalahan parse (parse error) ketika Anda mencoba untuk menjalankan kode anda, hal pertama untuk memeriksa adalah jika anda telah kehilangan titik koma di akhir.Ini sangat mudah dilakukan, dan bisa membuat frustasi. Hal berikutnya untuk memeriksa adalah jika Anda telah melewatkan sebuah tanda dolar.

Jadi pria itu memegang sepuluh jaket. Kita bisa melakukan hal yang sama dengan orang lain (variabel yang):

$ mrs_kemeja= 25;

Jadi, $ mrs_kemeja memegang nilai 25. Jika kita kemudian ingin menambahkan berapa banyak item pakaian yang kita miliki sejauh ini, kita bisa mengatur sebuah variabel baru(Perhatikan tanda dolar di awal variabel baru):

$ total_pakaian

Kita kemudian dapat menambahkan jaket dan kemeja. Anda menambahkan di PHP seperti ini:

$ total_pakaian = $ mr_jaket + $ mrs_kemeja;

Ingat, $ mr_jaket memegang nilai 10, dan $ mrs_kemeja memegang nilai 25. Jika Anda menggunakan tanda plus, PHP berpikir Anda ingin menambahkan. Sehingga akanbekerja total untuk anda. Jawabannya kemudian akan mendapatkan disimpan dalam variabel baru kami, yang kami sudah memanggil $ total_pakaian. Anda juga dapat menambahkan seperti ini:

$ total_pakaian = 10 + 35;

Sekali lagi, PHP akan melihat tanda plus dan menambahkan dua bersama-sama untuk Anda. Tentu saja, Anda dapat menambahkan lebih dari dua item:

$ total_pakaian = 10 + 35 + 7 + 38 + 1250;

Tetapi gagasan adalah sama – PHP akan melihat tanda-tanda plus dan kemudian menambahkan segalanya. Jawabannya kemudian disimpan ke dalam variabel yang namanya ada disebelah kiri tanda sama dengan.

Tutorial Lain

Tags: , , ,

Trackback from your site.

Share This Post To :

Edusoft Center

Edusoft Center merupakan lembaga yang fokus pada bidang IT terutama pada Kursus Komputer Profesional. Berlokasi di Solo / Surakarta dan dengan slogan “Start Here. Go Anywhere” diharapkan ilmu yang didapat pada kursus kami dapat diterapkan untuk mempermudah dan menunjang pada semua lini kegiatan yang dilakukan. "Selamat datang di Edusoft Center, Kursus Komputer di Solo"

Leave a comment

Jika anda membutuhkan info lebih lanjut atau ingin mengetahui jadwal kursus, silakan hubungi kami,

Call / SMS :

0896 987 12224


Call / SMS / WA :

08180 4542 586


Email:
[email protected]